Apa Sih Perbedaan Gorden dan Roller Blind?

Mendekorasi interior rumah pastinya sangat menyenangkan, meskipun akan menghabiskan banyak waktu. Terutama menentukan benda apa saja yang akan mengisi sebuah ruangan, salah satu yang tak pernah ketinggalan dibahas adalah penutup jendela.

Perbedaan Gorden dan Roller Blind


Kini sudah ada berbagai jenis penutup jendela seperti gorden dan roller blind, letaknya sama yaitu di bagian depan jendela tapi ternyata punya banyak perbedaan.

Perbedaan Gorden dan Roller Blind

Roller Blind

Kalau mengkaji perbedaan gorden dan roller blind sebenarnya mudah ditebak. Baik dari bahan pembuatan, cara pasang, fungsi utamanya, bagaimana cara merawat, harga, tingkat awet, dan ruangan yang cocok diberi sentuhannya. Yang jelas, untuk dekorasi interior keduanya sama-sama bisa digunakan kok!

1. Bahan

Gorden dibuat dari bahan kain yang dibentuk sesuai dengan pola jendela, seperti katun, lace, sutra, brokat, atau beludru. Ada yang polos, namun ada juga yang bermotif dengan warna bervariasi. Bahkan saat ini banyak bahan-bahan kekinian yang dijadikan gorden, seperti serat alami, serat sintetis yang sangat unik.

Sedangkan roller blind atau tirai gulung dibuat dari bahan seperti plastik, kain berbahan khusus seperti blackout, dimout atau solar screen. Ada juga yang dibuat dari rotan dan bambu, sayangnya soal motif tirai gulung ini tak terlalu variatif bahkan cenderung monoton. Hanya ragam warna saja yang bisa dijadikan pilihan sesuai keinginan.

2. Pemasangan

Pemasangan gorden tergolong lebih rumit, karena Anda harus memasang terlebih dahulu rel tirai, hingga hook untuk mengaitkan bagian tengah gorden. Sedangkan tirai gulung pemasangannya relatif mudah, karena cukup mengaitkan rel yang sudah langsung menyatu dengan tirainya. Lalu tinggal memastikan katrol penggulung tirai berfungsi dengan baik, selesai!

3. Fungsi

Gorden memiliki beberapa fungsi sekaligus, yaitu untuk membatasi jumlah cahaya matahari yang masuk, menjadikan ruangan kedap suara, dan menyempurnakan interior dengan desain dan motif yang bisa disesuaikan dengan konsep sebuah ruangan. Terutama untuk konsep mewah, modern, dan vintage.

Sementara roller blind fungsi utamanya adalah untuk menahan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. pada beberapa bahan pembuatannya seperti kain blackout, cahaya matahari tak bisa masuk 100 persen karena dipantulkan oleh bahan tersebut. Untuk penyempurna konsep interior, tirau gulung mampu dipadukan untuk konsep minimalis dan futuristik.

4. Perawatan

Untuk merawat gorden dibutuhkan waktu cukup lama, karena Anda harus membuka gorden, mencucinya, menjemur,dan menyetrika. Jadi bisa kembali dipasang dalam kondisi bersih dan rapi. Sedangkan tirai gulung tak perlu dibuka saat dibersihkan, cukup menggunakan sikat, sapu, atau kain lap kering untuk membersihkan rutin. Karena umumnya bahannya anti noda.

5. Harga

Harga gorden terbilang variatif tergantung bahan dan motif yang dipilih, sedangkan blind berjenis roller harganya lebih mahal ketimbang gorden. Hal ini dikarenakan proses pembuatan tirai gulung yang cukup lama, dan bahan pembuatan yang masuk kriteria cukup mewah.

Jika Anda ingin mendapatkan harga yang paling terbaik, silahkan kunjungi marketplace kontraktor interior & furniture online di temtera.com

6. Tingkat Awet

Keawetan gorden tergantung cara merawatnya, kalau Anda rutin merawat dengan benar sesuai bahan maka fungsi dan keindahannya bisa dinikmati lebih lama, tapi kalau jarang dirawat, maka hanya dalam waktu beberapa bulan saja gorden sudah tidak layak pakai. Beda dengan tirai gulung yang sangat awet karena perawatannya mudah dan bahannya memang didesain tahan lama.


Demikianlah informasi penting tentang perbedaan antara gorden dan roller blind.  Bisa saja Anda memadukan keduanya untuk menutupi jendela di rumah, jika ingin nuansa yang berbeda pada setiap ruangan. Sebab keindahan kedua penutup jendela ini memang mampu membuat ruangan jadi lebih hidup dan berkarakter.

Komentar

Postingan Populer