Inspirasi Tirai yang Cocok Untuk Hunian Modern

Mendekorasi rumah adalah hal yang menyenangkan dan disukai oleh semua orang. Ya, siapa sih yang enggak ingin punya rumah yang cantik dan bikin betah saat ditinggali, kan? Semua elemen di dalam rumah adalah hal yang harus diperhatikan, mulai dari lantai, furniture, dinding, hiasan dinding, atau bahkan tirai sekali pun.

Nah, dalam menghias dan memutuskan tirai apa yang digunakan ternyata masih banyak yang bingung. Oleh karena itu, dalam hal ini kamu bisa mencontek beberapa ide yang akan kita bagikan. FYI, ini cocok banget untuk rumah modern ya. Yuk, langsung baca sampai habis!

Tirai yang Sewarna dengan Perabotan Rumah

Tirai yang Sewarna dengan Perabotan Rumah

Kebanyakan orang akan mendesain rumah mereka dengan warna tertentu yang dominan. Kalau rumah modern biasanya lebih ke warna yang soft atau pastel, sehingga tak terlalu mencolok di mata.

Nah, untuk inspirasi tirai yang dipakai juga bisa gunakan tirai dengan warna yang senada. Sebagai saran, beberapa warna aman yang bisa digunakan adalah abu-abu, krem, peach, atau cokelat juga boleh.

Roller Blind yang Cocok untuk Segala Tipe Hunian

Roller Blind indoor


Jenis tirai yang kedua ini adalah roller blind. Di Indonesia sendiri, ia lebih dikenal dengan nama kerai. Penggemar tirai jenis ini juga sangat banyak sekali, mulai dari generasi muda hingga orang yang sudah tua. Mengapa? Karena, ada banyak model kerai yang cocok untuk segala macam jenis hunian.

Untuk rumah yang modern bisa menggunakan banyak sekali jenisnya ya, mulai dari yang transparan hingga ke black out blinds. Kerai model ini akan membantu ruangan terang tetapi mem-black out sinar yang masuk, sehingga tak akan membuat penghuni rumah kepanasan.

Tirai dengan Motif Garis-garis

Tirai Motif Garis-garis

Selanjutnya selain model roller blind, ada tirai motif garis bisa menjadi pilihan yang cocok untuk rumahmu. Motif garis adalah yang paling aman, karena ia bisa masuk dan dipadukan dengan berbagai perabotan yang ada di rumah, entah itu sofa, sarung bantal, ataupun karpet yang ada.

Tirai yang Terbuat dari Aksesoris

Tirai yang Terbuat dari Aksesoris

Tirai model aksesoris ini pernah eksis banget di tahun 2010-an. Namun, menggunakannya untuk saat ini juga tidak berarti ketinggalan zaman kok. Tirai aksesoris ini cocok untuk berbagai desain rumah, entah itu minimalis, klasik, ataupun modern.

Untuk bentuk dan aksesoris apa yang akan dipakai bisa disesuaikan dengan selera.  Bisa menggunakan hewan laut seperti kerang, bisa juga manik-manik, atau mungkin plastic dengan gambar karakter tertentu.

Hanya saja, untuk tirai dengan model ini kamu lebih bagus menggunakannya untuk jendela yang tidak terlalu sering terpapar sinar matahari. Hal itu dikarenakan fungsinya adalah untuk estetika, bukan melindungi dari cahaya yang masuk ke dalam rumah.

Tirai Ikat Samping

Tirai Ikat Samping

Tirai yang terakhir ini adalah tirai sejuta umat yang banyak banget digunakan, apalagi untuk rumah-rumah modern masa kini. Ada banyak sekali pilihan warna, motif, dan juga penghias yang ada di tirai ikat samping.

Keuntungan menggunakan tirai ini tak hanya melindungi rumah dari sinar matahari saja, tetapi juga memperindah jendela. Untuk menggunakan tirai jenis ini diutamakan yang jendelanya tinggi dan lebar, sehingga tirai tidak terlihat kurang pas.


Jadi, dari roller blind, tirai kain ikat samping, tirai aksesoris, serta tirai bermotif ini mana yang menjadi kebutuhanmu? Membeli dan memasang tirai ini memang sedikit tricky sih agar bagus dan indah dipandang mata. Maka pastikan tipe jendela atau pintu yang akan dipasang tirai.

Karena beberapa tirai hanya bisa digunakan untuk jendela yang pendek, ada pula yang hanya berlaku untuk jendela tinggi. Pilihan ada di tanganmu!

Komentar

Postingan Populer