Simak Pemilihan Yang Tepat! Lantai Vinyl VS Keramik

Rumah termasuk hal penting dalam hidup manusia, antara lain rumah adalah investasi jangka panjang, tempat berlindung, tempat berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, pemilihan materialnya pun harus dilakukan dengan hati-hati. Maksud hati-hati disini adalah memilih yang tepat dan terbaik sesuai dengan selera tentunya.

Tidak sedikit orang pada jaman sekarang yang ingin rumahnya terlihat biasa-biasa saja, mereka ingin rumah mereka terlihat modern, nyaman dan berbeda dari yang lain. Untuk mempercantik dan mempernyaman rumah tidak sedikit juga hal yang harus diperhatikan, salah satunya jenis lantai dan dalam pemilihan jenis lantai tentunya tidak boleh salah. Yuk, simak dulu gambaran umum tentang lantai vinyl VS keramik!

Lantai Vinyl VS Keramik

Lantai Vinyl 

Lantai Vinyl hadir sebagai solusi untuk banyak orang yang menginginkan konsep rumah yang natural, terlihat atau tampak seperti kayu namun tidak berbahan kayu dan teksturnya lebih halus. Tidak hanya motif kayu, lantai vinyl mampu menampilkan banyak motif seperti bebatuan. Anti rayap dan ada juga lantai vinyl anti air. Menarik bukan? Lantai vinyl ini cocok sekali untuk orang yang ingin menampilkan sisi rumah yang menarik namun efisien karena lantai vinyl ini bentuknya fleksibel mengikuti luas ruangan itu sendiri. Selain itu, lantai vinyl pun banyak dipilih karena harga yang relatif terjangkau sekitar Rp. 100.000,00 - Rp. 150.000,00 /m namun memiliki kualitas yang baik dan daya tahan yang tinggi.

Hal menarik dari lantai vinyl ini pun Anda tidak perlu repot-repot mengganti ataupun membongkar lantai lama secara keseluruhan, karena Anda bebas mengganti motif-motifnya sesuai selera Anda. Kelebihan yang menyebabkan lantai vinyl menjadi pilihan banyak orang yaitu karena lebih nyaman saat dipijak karena dibagian bawahnya dilapisi oleh kain dan busa. Dari segi perawatannya pun, lantai vinyl tidak terbilang sulit untuk dirawat karena untuk merawatnya hanya cukup dengan menyapu dan mengepel layaknya lantai biasa agar tetap bersih dan hindari dari gesekan benda atau furniture yang berat dan tajam karena sangat beresiko dapat merusak lantai vinyl. Ketika terjadi kerusakan, tidak bisa dipoles atau diperbaiki harus diganti dengan yang baru. Namun, untuk saran pemakaian yang lebih jelas lantai vinyl ini cocok sekali untuk penggunaan di ruangan indoor.


Lantai Keramik

Lantai keramik pun juga menjadi favorit dari para pemilik rumah terbuat dari tanah liat yang dilapisi glazur melalui proses pembakaran. Memiliki banyak motif bisa dikatakan hampir setiap motif yang diinginkan pemilik rumah tersedia pada lantai keramik dan cenderung mudah didapatkan karena hampir selalu ada di setiap toko bangunan.

Lantai keramik pun termasuk kuat dan tangguh karena kedepannya akan sulit untuk retak atau pecah bahkan bisa sampai 20 tahun, sehingga bisa dikatakan Anda tidak perlu menyiapkan biaya secara khusus untuk perawatan lantai keramik. Stabilitas yang dihasilkan setelah pemasangan lantai keramik adalah karakteristik yang unggul dari lantai keramik itu sendiri, karena pemasangannya menggunakan campuran semen sebagai perekat sehingga lantai keramik tidak akan berubah meskipun suhu ruangan berubah drastis.

Lantai keramik pun cenderung lebih murah dibandingkan dengan lantai vinyl berkisar antara Rp. 30.000,00 - Rp. 100.000,00 /m2 dan pemakaiannya mampu digunakan dimana saja, outdoor ataupun indoor. 

So, begitulah perbedaan lantai vinyl dan keramik dilihat dari masing-masing kualitas, harga, kemudahan penggunaan dengan kebutuhan setiap rumah yang berbeda-beda. Anda sendiri yang menentukan mana yang lebih baik lantai virnyl VS keramik sesuai dengan selera Anda!

Postingan Populer