6 Langkah Mudah Memasang Lantai Vinyl Sendiri di Rumah

Sedang mempertimbangkan untuk merenovasi kamar atau ruangan lain di rumah? Selain mengecat dinding, kamu juga bisa mempercantik lantainya dengan mengganti keramik atau memasang vinyl (pelapis lantai sintetis dari bahan polyvinyl chloride atau PVC). Kabar baiknya, pasang vinyl lebih murah dibanding membongkar kemudian memasang kembali lantai keramik. Kamu pun bisa melakukannya sendiri demi menghemat bujet renovasi. Apa saja yang harus dilakukan? Simak enam langkah mudah memasang lantai vinyl sendiri di rumah berikut ini.

1. Ukur ruangan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengukur luas ruangan yang akan dipasangi vinyl. Pastikan ukuran akurat karena menghambat pekerjaan bila ada kekurangan bahan. Oleh karena itu, ada baiknya membeli lebih banyak dari ukuran ruangan untuk berjaga-jaga.

2. Pilih jenis vinyl

Di ‘supermarket’ bahan bangunan kamu bisa mendapatkan aneka jenis dan motif vinyl. Disini saya merekomendasikan FlooringBagus.com sebagai tempat paling mudah untuk mendapatkan produk tersebut.
Keuntungan utama menggunakan pelapis vinyl adalah tahan lama, tahan panas, dan membuat ruangan lebih menarik. Umumnya vinyl motif kayu banyak dipilih untuk melapisi lantai di dalam rumah minimalis. Vinyl dijual gulungan (roll) serta lembaran/papan (plank) dengan ukuran yang beragam. Ukuran lebar berkisar 10-20cm dan panjang 90-100cm untuk vinyl lembaran/papan, sementara vinyl roll memiliki lebar 2m dan panjang mulai dari 15-20m. Soal ketebalan berkisar antara 1,2mm-1,5mm untuk vinyl gulung yang lebih tipis dibanding vinyl plank yang memiliki ketebalan hingga 3mm. Meskipun memiliki bentuk fisik yang berbeda, cara pasang vinyl gulung atau lembaran sama saja karena keduanya membutuhkan lem agar dapat menempel ke permukaan lantai—kecuali jenis self-stick yang sudah dilengkapi lem pada bagian bawah vinyl.

3. Siapkan perlengkapan

Umumnya diperlukan lem berkualitas, kape, palu karet, cutter besar, penggaris besi, serta penanda lantai (bisa spidol atau kapur) sebagai perlengkapan dasar memasang vinyl. Jika ini pertama kalinya kamu memasang sendiri vinyl, ada baiknya berkonsultasi dengan penjaga di toko bahan bangunan atau menonton video tutorial yang sudah banyak diunggah di internet.
Baca juga: "Kelebihan yang Dimiliki Vinyl Lantai Motif Kayu"

4. Bersihkan area pemasangan

Pindahkan dulu semua perabot yang ada di dalam ruangan sebelum dipasangi vinyl agar leluasa bergerak dan hasilnya optimal. Sapu bersih permukaan lantai agar bebas debu dan kotoran yang membuat lem tidak menempel sempurna. Khusus lantai keramik silakan dipel hingga licin dan mulus. Jika ada permukaan yang belum rata, gunakan selotip secukupnya untuk melapisi lantai hingga permukaan benar-benar datar. Setelah lantai bersih dan kering maka kamu siap untuk bekerja.

5. Uji coba

Demi menghindari kesalahan dalam cara pasang lantai vinyl motif kayu, misalnya, kamu bisa lakukan uji coba. Jajarkan lembaran vinyl atau hamparkan gulungan vinyl hingga menutupi seluruh permukaan lantai sesuai pola yang diinginkan. Ada yang memasang vinyl dimulai dari tengah-tengah ruangan baru menyebar mendekati tembok, tapi ada pula yang memasangnya dimulai dari sisi tembok kiri hingga kanan.

6. Pasang bertahap

Oleskan lem pada bagian bawah vinyl (bila jenisnya bukan yang self-stick) lalu diamkan selama beberapa menit. Selanjutnya tuang lem pada lantai dan ratakan menggunakan kape sebelum menempelkan vinyl tadi. Gunakan palu karet untuk memukul permukaan vinyl agar benar-benar menempel dan rata. Jika harus memotong vinyl, gunakan cutter dan penggaris besi sehingga potongannya rapi sekaligus presisi. Lakukan secara bertahap agar hasilnya rapi. Gunakan lap basah untuk mengangkat lem yang muncul di antara lembaran vinyl. Setelah semua lantai terlapisi vinyl sebaiknya diamkan selama 24-72 jam agar melekat sempurna sebelum memindahkan kembali perabot ke dalam ruangan.
Mudah, kan? Selamat mencoba!

Komentar

Postingan Populer